Banyaknya Pengguna BB di Kalangan Anak-anak





     Smartphone kini menjadi suatu kebutuhan bagi banyak orang. Tak hanya dari kalangan orang dewasa saja atau para pekerja tingkat menengah ke atas, kini anak muda sekarang pun banyak yang menggunakannya.
     Beragam golongan menggunakannya. Mulai dari nenek kakek, ayah ibu, orang dewasa, para mahasiswa dan mahasiswi,  para siswa-siswi SMP-SMA, bahkan anak SD.

Jaman sekarang nampaknya ponsel bukan lagi barang mewah. Hampir setiap kalangan menggunakan ponsel. Nampaknya kini terjadi pergeseran jaman. Anak-anak SMA pun sudah banyak memiliki Blackberry. Blackberry menjadi tren bagi mereka. Tak ayal anak SD pun ikut latah menggunakannya.

     Sebenarnya seberapa perlu anak SD dibekali ponsel atau Blackberry? Apakah orang tua menganggap hal ini adalah kebutuhan sehingga perlu membekali buah hati mereka yang masih SD dengan smartphone itu ataukah sekedar demi menyenangkan hati si anak agar ia terlihat gaya dan berbeda dengan teman-temannya.
     Memang tak salah, sebagai orang tua, kita ingin selalu menyenangkan hati anak. Apalagi orang tua yang memiliki materi berlebih. Smartphone tak lagi menjadi barang mewah. Memang hak setiap orang tua membelikan smartphone untuk buah hati mereka, namun sebaiknya dipahami seberapa perlu buah hati anda memilikinya.
     Tidak dapat dipungkiri, kecanggihan fitur ponsel memang sangat menarik perhatian siapapun, tak terkecuali anak-anak SD. Smartphone dengan fiitur menarik seperti kamera, games, MP3 dan tentunya akses internet memang banyak diburu orang. Bila kita perhatikan, takkan ada habisnya fitur yang ditawarkan.
     Tetapi, ada dampak negatif dari BlackBerry loh! BB bisa membuat orang ketagihan, sehingga terlalu fokus dan berkonsentrasi dengan dunianya sendiri( BlackBerry-nya), sehingga kita menjadi semi-autis,  kurang peduli, dan terfokus/berkonsentrasi dengan lingkungan sekitar di dunia nyata, serta jadi kurang berkonsentrasi dengan pelajarannya dan kewajiban-kewajiban yang semestinya dilakukan, serta yang lebih bahaya lagi, anak-anak remaja dapat membuka situs-situs yang membahayakan, dalam artian haram dibuka, seperti situs porno, dan lain-lain.
     Membuktikan rasa sayang kita terhadap buah hati tak hanya berupa pemenuhan barang atau membelikan benda-benda yang belum perlu untuk anak seusianya. Sebagai orang tua kita harus bijak mana yang menjadi prioritas untuk keperluan anak. Pertimbangkan pula efek negatifnya sebelum memenuhi keinginannya. Bukankah kita ingin buah hati kita tumbuh menjadi pribadi yang tangguh dan memiliki kepekaan sosial dengan mulai memberinya pengertian kapan dan untuk apa mereka memiliki ponsel atau Blackberry.

Komentar

  1. perbanyak donk postnya , dan kalau bisa yang seperti yang tentang blackberry ini , ataupun seperti yang baterai tenaga urine itu loh , terima kasih ..

    BalasHapus

Posting Komentar